Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 16 Oktober 2013

Tugas Etika Profesi Akuntansi


Sifat Softskill


Soft skills merupakan kemampuan, bakat atau keterampilan yang dimiliki seseorang yang tidak bersifat akademis, tetapi lebih bersifat non-teknis, yang memudahkan seseorang  untuk mengerti kondisi diri sendiri, sehingga dapat memberikan manfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain. Ada beberapa sifat softskill diantaranya :
·            Kerjasama
·            Toleransi
·            Disiplin
·            Bertanggungjawab
·            Jujur
·            Memiliki inisiatif yang tinggi
·            Percaya diri
·            Tekun
·            Bekerja keras
·            Komunikasi
·            Memiliki jiwa kepemimpinan, dll

Memiliki inisiatif yang tinggi
Salah satu dari sifat softskill yang penting adalah memilki inisiatif yang tinggi. Inisiatif memiliki arti usaha sendiri, langkah awal atau suatu ide baru. Berinisiatif berarti mengembangkan daya pikir manusia untuk merencanakan ide atau buah pikiran menjadi suatu pemikiran yang baru dan pada akhirnya diharapkan dapat berguna serta memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

             
          Seseorang yang memiliki inisiatif yang tinggi adalah seseorang yang tanggap terhadap perkembangan , yakni seseorang yang pandai membaca situasi, pandai memanfaatkan setiap peluang yang ada didepannya dan menjadikannya sebagai kreasi yang baru kemudian mewujudkannya menjadi kenyataan. Seseorang yang memiliki inisiatif yang tinggi akan memiliki resiko yang tinggi pula.Tapi tingginya resiko akan diikuti dengan kesuksesan - kesuksesan yang akan diterimanya atas inisiatif yang dilakukannya.
            Seseorang yang memiliki inisiatif tinggi hanya dimiliki sedikit orang. Di dalam perusahaan, biasanya sifat tersebut dimiliki oleh manajemen puncak karena dia akan memutuskan tanpa perlu meminta izin siapapun. Selain manajemen puncak, seorang wirausaha juga harus mempunyai sifat tersebut. Meraka harus berani mengambil resiko terhadap apa yang akan terjadi, mereka tidak hidup di dalam zona aman karena mereka selalu berhadapan dengan resiko. Kelebihan dari seseorang yang memiliki inisiatif yang tinggi adalah mampu mengambil keputusan dengan cepat serta bisnis / usahanya dapat bergerak semakin cepat .
            Contoh nyata “ inisiatif yang tinggi “ dalam kehidupa sehari hari adalah menimbulkan ide-ide baru dan memberi usulan dalam rapat sehingga dapat menimbulkan ide-ide dari teman-teman yang lain dan menghasilkan kegiatan yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates